Berbagai Oleh-Oleh Khas Kota Balikpapan

Apabila anda sedang berlibur atau sekedar singgah sebentar di suatu daerah rasanya ada yang kurang apabila tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat. Begitu juga ketika anda mengunjungi Balikpapan pastilah ingin membeli buah tangan untuk kenang-kenangan,apa saja yang menjadi khas  kota Balikpapan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh? Mari kita simak tulisan berikut ini.

  • Batik

Batik merupakan warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, kota Balikpapan memiliki Batik sebagai ciri khas yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Hal yang membedakan batik kota Balikpapan dengan wilayah-wilayah lain yaitu motifnya, batik Balikpapan memiliki motif yang simple sehingga akan terlihat elegan saat digunakan. Batik yang dapat anda beli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh tak melulu harus berbentuk lembaran kain, anda dapat menemukan batik yang telah dibuat baju, tas, sandal dan pernak-pernik lainnya.

  • Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak

Kota Balikpapan yang berada di Kalimantan Timur ini sangat terkenal dengan suku dayak, meskipun sebenarnya terdapat suku lain yang juga menghuni kota ini. Sehingga apabila anda ingin menemukan ciri-ciri yang unik maka anda dapat membeli berbagai pernak-pernik khas suku dayak. Aksesoris suku dayak berupa anting-anting, gelang, kalung, gantungan kunci dan tas yang terbuat dari mank-manik. Selain aksesoris tersebut anda dapat membeli pakaian adat suku dayak untuk dijadikan buah tangan.

  • Mantau

Ketika mendengar nama Mantau pastilah yang terlintas di pikiran anda adalah makanan berasal dari Tiongkok, namun Mantau yang berasal dari kota Balikpapan ini memiliki perbedaan dengan mantau yang berasal dari Tiongkok. Sebenarnya roti ini tidak begitu berbeda dengan roti-roti pada umumnya, hanya saja hal yang membedakan dengan roti khas Balikpapan ini adalah cara penyajiannya. Untuk menyajikan mantau perlu dikukus terlebih dahulu sebelum digoreng. Selain itu untuk menghidangkannya dapat dituangkan saus berisi daging. Bahkan ketika rusa belum dijadikan sebagai hewan yang dilindungi, saus yang digunakan untuk menghidangkan mantau menggunakan daging rusa. Namun karena kini populasi rusa mulai berkurang maka mantau khas Balikpapan hanya disajikan menggunakan saus daging ayam atau sapi. Untuk mendapatkan roti ini anda dapat menemukan di pusat oleh-oleh yang berada di kota Balikpapan.

  • Amplang

Kerupuk khas kota Balikpapan ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh saat anda sedang berkunjung di Balikpapan. Kerupuk yang terbuat dari olahan ikan tenggiri ini memiliki cita rasa yang sangat gurih. Kerupuk ini cukup ringan sehingga mudah membawanya untuk dijadikan oleh-oleh, selain itu anda dapat dengan mudah menemukan makanan ini di pusat oleh-oleh yang berada di kota Balikpapan.

  • Makanan Olahan Kepiting

Wilayah Balikpapan yang berada di pesisir laut Kalimantan ini memiliki hasil laut yang sangat melimpah. Sehingga akan terasa seperti ada yang kurang apabila belum mencicipi hasil olahan laut yang ada di daerah penghasil minyak ini. Salah satu kuliner yang menjadi andalan di kota ini adalah olahan kepiting. Namun apabila anda ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh maka anda dapat memilih abon kepiting, bedanya abon ini dengan yang lain yaitu bahan yang digunakan untuk membuat abon ini. Aban ini dibuat menggunakan daging kepiting, sehingga rasa yang diciptakan sangat gurih dan nikmat. Kemasan abon kepiting juga memudahkan anda untuk membawanya ketika bepergian jauh.  

  • Kain Songket

Kain songket Balikpapan merupakan kain yang sangat popular dikalangan wisatawan. Kain yang memiliki warna yang cukup mencolok dan cerah ini telah diproduksi sejak puluhan tahun yang lalu. Kain ini sangat elegan dan mempesona sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan. Kain songket ini dijual dalam bentuk kain lembaran dan ikat kepala.

  • Batu Mulia

Oleh-oleh yang sedikit berbeda kali ini bukan berupa makanan atau kain, akan tetapi berwujud batu mulia. Sebagai pulau yang kaya akan batu mulianya maka didaerah tersebut banyak terdapat pengrajin batu mulia. Di kota ini terdapat dua jenis batu mulia yang ditawarkan yaitu batu amsak dan batu alami. Batu amsak dibuat dengan campuran beberapa bahan sehingga terlihat lebih elegan, sedangkan batu alami terbentuk oleh alam sehingga harga yang ditawarkan lebih murah.

Comments are closed.