Distro-distro Keren di Jogja

Jogja populer sebagai kota pelajar. Kota ini menjadi semakin terkenal berkat sebuah lagu yang dipopulerkan oleh salah satu grup band legendaris Indonesia: KLA Project. Melalui lirik lagu, kota Jogja seperti memiliki daya magis yang kemudian dapat menjadi salah satu ikon kota pariwisata di Indonesia.

Mengunjungi kota Jogja tak lepas dari kesan kreatif yang melingkupinya. Di kota budaya ini kita akan melihat hamparan mural yang tergambar di dinding-dinding aliran sungai, di jalanan, di tembok pembatas, dan di mana saja. Mural bermuatan edukatif ini banyak kita lihat di setiap sudut kota Jogja.

Lalu, bagaimana dengan industri kreatifnya? Kota Jogja seperti tak pernah kehabisan ide kreatif dalam kesehariannya, termasuk dalam industry fashion kreatif. Terdapat industry kaos kreatif dengan plesetan yang sangat terkenal: kaos Dagadu Jogja. Produk kaos Dagadu asli Jogja ini telah menyebar ke seluruh nusantara. Fenomena kaos Dagadu Jogja ini mengingatkan kita pada industry kreatif kaos yang hampir mirip dari Bali, yaitu Joger yang menyebut dirinya sebagai pabrik kata-kata.

Lalu, bagaimana dengan perkembangan distro di Jogja? Seperti juga kota besar lain, bisnis distro di Jogja tak kalah dengan bisnis distro di beberapa kota besar lainnya. Memang perkembangannya tidaklah sepesat Bandung atau Jakarta, namun, Jogja juga memiliki beberapa distro keren yang sayang bila dilewatkan. Distro di Jogja ada yang menyediakan aneka brand ternama atau yang telah memiliki brand sendiri. Berikut ini beberapa distro ternama di Jogja.

 colourboom

Colour Boom

Distro ini menyediakan berbagai brand terkenal. Brand local Bloop dan Endorse tersedia di Colour Bloom.

Brain

Brain ini merupakan clothing company local asli dari Jogja. Produk Brain sangat digemari karena gaya casual dan kenyamanannya.

 nimco

Nimco

Distro ini terletak di jalan Mataram. Letaknya yang sangat strategis karena dekat dengan jalan Malioboro menjadikan distro ini favorit untuk dikunjungi.

Distro di Jogja memang tidaklah sebanyak yang berada di Bandung. Industry clothing di kota kreatif ini kini sedang menggeliat. Hampir sama dengan yang ada di Bandung, konsep bangunan distro di Jogja juga memiliki konsep yang unik. Distro di Jogja sebagian besar bergaya futuristik yang simple tapi sangat menarik. Dinding kaca lebar berfungsi sebagai display atau etalase utama produk akan jelas terlihat dari luar. Rata-rata distro di Jogja menggunakan konsep sederhana namun tampak sangat futuristic ini.

Tidak seperti di Bandung yang dengan mudah akan kita temui deretan distro di sepanjang jalan, di Jogja keberadaan distro ini menyebar di berbagai kawasan pusat keramaian yang banyak terdapat di daerah istimewa ini. Jadi, jika ingin berkeliling mengunjungi distro, siapkan modal transportasi yang murah dan praktis.

Sumber: http://borneoclothing.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.