Kebun Raya Balikpapan Sebagai Tujuan Destinasi Wisata

Kebun raya balikpapan merupakan kebun raya yang pertama dan satu satunya yang berada di pulau kalimantan. Kebun raya ini di resmikan pada 20 agustus 2014. Kebun raya ini memiliki luas sekitar 309 ha. Tujuan dibentuknya kebun raya balik papan adalah untuk objek wisata alam, konservasi alam, juga merupakan tempat pendidikan dan penelitian konservasi, serta pelestarian flora asli kalimantan yang hampir punah. Meskipun kini memang belum se baik kebun raya bogor tetapi menjadi alternatif wisata yang menyejukkan. Kebun raya ini dikelola langsung oleh LIPI.

Lokasi kebun raya balikpapan di jalan Soekarno Hatta Km.15, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. Untuk menuju lokasi anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota balikpaapan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum maupun online. Kemudian kebun raya ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 16.00. Selain keindahan alam sebagai cagar alam tentunya kebun raya balikpapan ini memiliki keunikan tersendiri. Berikut adalah beberapa keunikan yang ada di kebun raya balik papan.

  1. Embung untuk menampung air dan bikin kebun raya makin cantik

Di kebun raya ini terdapat embung wain yang berfungsi untuk menampung air hujan, menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, pengairan, menambah keindahan, dan untuk sarana rekreasi. Embung ini dapat mempercantik kebun raya juga dapat bermanfaat untuk kegiatan pengairan di kebun raya.

  • Rumah anggrek

Rumah anggrek ini yang membedakan kebun raya ini dengan kebun raya lainnya. Di kebun ini terdapat 200 jenis dan 1000 spesies tanaman anggrek yang asli diambil dari hutan kalimantan. Tanaman anggrek yang ada di rumah anggrek ini termasuk ke dalam tumbuhan langka seperti : anggrek bulan, anggrek tebu, dan aneka jenis anggrek lainnya. Untuk menuju rumah anggrek anda mesti melewati jogging track yang alami dengan jalan menanjak.

  • Terdapat binatang liar

Di kawasan kebun raya, tepatnya di hutan lindung masih terdapat berbagai jenis binatang liar yang terdiri dari:  orangutan, beruang madu, rusa, dan burung-burung asli kalimantan.

  • Tempat wisata edukasi

Karena kebun raya ini memiliki berbagai macam tumbuhan, maka bisa di jadikan sebagai tempat belajar mengenal berbagai jenis tumbuhan yang ada di kalimantan. Selain itu kebun raya ini dilengkapi dengan ruang belajar, perpustakaan, museum, laboratorium dan rumah kaca. Sehingga sangat menunjang sekali jika anda ingin berwisata sambil belajar disini.

  • Tempat metting dan outbond

Kebun raya ini sering dijadikan tempat metting perusahaan, organisasi, atau kelompok masyarakat untuk berkumpul dan beraktivitas bersama. Kemudian juga bisa menjadi tempat outbond dan kegiatan konservasi dan juga pelatihan dan pendidikan.

  • Terdapat rumah adat dayak

Kebun raya balikpapan adalah salah satu kebun raya yang didalamnya terdapat rumah adat dari daerah kalimantan yaitu rumah adat dayak. Selain wisata alam, edukasi dan juga bisnis tempat ini juga dijadikan tempat wisata sejarah dan budaya kalimantan.

Fasilitas yang Ada Di Kebun Raya Balikpapan

Sebagai tempat wisata Kebun raya balikpapan juga didukung dengan berbagai fasilitas. Namun fasilitas di kebun raya ini masih terus dikembangkan dan di perluas. Saat ini fasilitas yang ada di kebun raya adalah guest house, tempat parkir, musholla, penunjuk arah, gedung pendidikan dan seminar, outbond, taman, kantin dll.

Comments are closed.