5 Makanan Khas Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia, kota Balikpapan yang berada di pulau Kalimantan sebelah timur ini berkembang dengan cukup pesat sehingga masuk kedalam kota yang maju. Kota Balikpapan jelas memiliki beraneka ragam kuliner yang sayang untuk ditinggalkan apabila anda mengunjungi kota ini. Apa saja makanan khas kota Balikpapan yang wajib kita cicipi? Mari kita simak tulisan berikut ini.

  1. Amplang

Bagi anda pecinta kerupuk makanan ini wajib untuk dicicipi, amplang merupakan makanan yang mirip seperti kerupuk. Makanan yang renyah serta nikmat ini terbuat dari olahan ikan tenggiri, gabus atau belida yang dicampur dengan tepung tapioca serta bumbu-bumbu lainnya. Rasa yang muncul jelas bisa ditebak yaitu rasa gurih yang akan memanjakan lidah anda ketika menggigitnya. Ikan pipih atau sering disebut ikan tenggiri yang menjadikan amplang terasa sangat gurih serta berbunyi kriuk-kriuk ketika digigit oleh gigi. Selain menggunakan ikan tenggiri yang dijadikan sebagai bahan utamanya, ikan haruan atau ikan gabus juga dapat menjadi bahan pengganti, meskipun cita rasa yang dihasilkan akan berbeda. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman amplang disajikan dalam berbagai varian rasa seperti ayam bawang, BBQ, lada hitam, dan berbagai varian rasa favorit lainnya. Makanan ini dapat ditemukan di sudut kota Balikpapan.

  • Bingka Kentang

Makanan selanjutnya yang dapat anda nikmati yaitu bingka kentang. Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa kue khas Balikpapan ini berbahan dasar dari kentang. Kue Bingka banyak ditemui di acara-acara seperti pernikahan, selain itu kue ini juga sering dijadikan sebagai makanan untuk menu buka puasa saat Ramadhan tiba. Bahkan zaman dahulu kue ini hanya dapat ditemui ketika bulan Ramadhan tiba. Seiring berkembangnya zaman kue ini tidak hanya diolah menggunakan bahan dari kentang, akan tetapi dapat dibuat menggunakan tapai atau labu. Kue basah khas kota Balikpapan ini memiliki cita rasa yang sangat manis serta tekstur yang sangat lembut sehingga cocok untuk dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Kue ini memiliki berbagai varian rasa seperti nangka, kurma, cokelat, pisang dan keju.

  • Nasi Bakar Seafood

Wilayah kota Balikpapan yang berada di pesisir laut menjadikan kota ini memiliki hasil laut yang sangat melimpah. Jadi tidaklah mengherankan apabila banyak terdapat makanan hasil olahan seafood yang wajib untuk dinikmati apabila mengunjungi kota ini, salah satunya yaitu nasi bakar seafood. Makanan khas Balikpapan ini pembuatannya menggunakan bumbu yang dipadukan dengan bahan rempah-rempah lainnya sehingga akan menggugah selera orang yang menikmatinya. Didalamnya terdapat campuran udang, kepiting, ikan serta berbagai seafood lainnya yang akan menggoyang lidah anda ketika menyantapnya.

  • Bubur Gunting

Ketika mendengar nama makanan ini pastilah terserat dibenak kita mengapa dinamakan bubur gunting? Pikiran kita akan menerka-nerka apakah proses membuatnya menggunakan gunting atau hanya sekedar nama agar lebih menarik atau terdapat sejarah lain yang membuat makanan tersebut dinamai dengan sebutan bubur gunting. Sebenarnya tidak ada yang aneh dari pemberian nama bubur ini, karena proses pembuatan makanan khas Balikpapan ini dengan cara menggunting adonan sesuai nama yang diberikan untuk makanan ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bubur gunting yaitu tepung ketan, air kapur sirih, garam, serta air daun suji. Adonan bubur dibentuk memanjang kemudian digunting berbentuk serong. Setelah itu, adonan yang telah digunting direbus bersama santan, garam dan gula merah. Bubur gunting akan terasa lebih nikmati ketika disantap dalam keadaan hangat.

  • Mie Hijau

Bagi anada pecinta mie makanan ini wajib untuk di cicipi apabila anda menginjakkan kaki di kota Balikpapan. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, mie khas Balikpapan memanglah berwarna hijau. Warna hijau tersebut dihasilkan dari perebusan mie bersama sawi hijau. Rasa yang dihasilkan jelas berbeda dengan mie pada umumnya. Untuk menambah kenikmatan ketika menyantap mie ini maka dihidangkan bersama taburan kepiting atau daging ayam diatasnya. Selain itu dalam pembuatannya mie hijau tidak menggunakan MSG, bahan pengenyal ataupun pengawet sehingga rasa yang diciptakan lebih nikmat serta sehat dikonsumsi untuk tubuh.

Comments are closed.